Mbak Ayu

Pemesanan & Pengiriman

081226888103 / 085799799903

Telpon : 0291 4260 242

PIN BBM 1 :5FC58CE5

PIN BBM 2 :79398E99

LINE :@soz0420q

Whatsapp :081 226 888 103

metafisika103@gmail.com

 

Abah Sabrang Alam

Pakar Mistik Nusantara

Kontak Ki Sabrang Alam

Silahkan,Klik Di Sini

 

Hari & Jam Kerja

Senin-Sabtu, 08:00-16:00 WIB

Minggu & tanggal merah kami libur

Diluar jam kerja, bisa Email/SMS

 

 

 

chat wa otomatis ki sabrang alam

 

Keris, Pusaka Legendaris yang Memiliki Kesaktian

Artikel » Keris, Pusaka Legendaris yang Memiliki Kesaktian

Dalam dunia pusaka, jenis-jenis ageman yang memiliki tuah dan kesaktian terdapat berbagai macam dan jenis. Akan tetapi di antara pusaka bertuah tersebut. paling sering digunakan sebagai ageman adalah keris. Lalu apa apa itu keris? Keris adalah sebilah benda tipis terbuat dari tempaan besi. Bersisi tajam kanan-kiri. Memiliki ujung runcing. Dengan demikian keris bisa dikategorikan sebagai senjata tikam.

 

Selain menyandang sebagai senjata bilah bertuah, keris juga menyimpan banyak nilai historis. Tidak hanya di nusantara, keris juga ditemukan di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Brunei Darussalam. Boleh dibilang budaya penggunaan keris, menyebar sebagaimana wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit pada masa kejayaannya.

 

Keris tertua diduga dibuat di Jawa Dwipa (Pulau Jawa) sekitar abad VI – VII Masehi. Pada awalnya pembentukan keris hanya sebatas bentuk yang sederhana. Namun, bahan baku yang digunakan tetap memperhatikan kualitas batu terbaik. Kelanjutannya, keris menjadi pusaka/senjata ageman yang memiliki bentuk dan nilai estetis yang sangat indah. Keris yang menjadi pusaka dan memiliki tuah yang sakti, seringnya terbuat dari bahan batu meteorit.

 

Dalam budaya Jawa, keris memiliki nilai mistis-historis yang sangat kental. Energi magis yang ada di dalam pusaka sakti ini dihubungkan dengan kanuragan, spiritualitas, kekuasaan, dan jabatan.  Di antara keris pusaka legendaris yang memiliki kesaktian dan tuah tinggi yaitu Keris Mpu Gendring. Keris ini dibuat oleh langsung oleh Empu Gandring yang hidup di zaman kerajaan Singasari. Pusaka inilah yang menjadi saksi perebutan kekuasan antar keturunan Ken Arok dan Tunggul Ametung.

 

Kedua, Keris Pusaka Kyai Setan Kober. Pusaka Kyai Setan Kober merupakan salah satu ageman sakti milik Adipati Jipang Panolan yaitu Arya Penangsang. Keris Setan Kober dibuat Oleh Mpu Supa Mandrangi, ia adalah murid Sunan Ampel. Keris ini sebenarnya bernama “Bronggot Setan Kober”. Pusaka ini dibuat pada awal pembentukan kerajaan Demak Bintoro. Energi mistis di dalam pusaka ini berhawa panas. Sehingga orang yang memiliki keris ini akan cenderung lebih mudah marah.

 

Ada lagi keris Kyai Sengkelat. Keris ini merupakan ageman milik Prabu Brawijaya V atau Prabu Kertabhumi. Memang tidak banyak ulasan dalam sejarah mengenai pusaka sakti ini. Namun  Konon, keris ini dibuat pada Abda ke XV. Ada pula Kujang Siliwangi yang terkenal di tanah Pasundan.

 

Kujang pada awalnya adalah alat pertanian. Sampai suatu kali salah satu Raja Pasundan mendapatkan wangsit gaib mengenai senjata yang bentuknya mirip pulau Jawa. Maka dibuatlah Kujang dengan bentuk seperti sekarang ini. Di antara kujang dari Kerajaan Pajajaran, Kujang Siliwangi adalah Kujang dengan kekuatan tertinggi. Karena kujang ini menyimpan energi khodam berupa macan putih.

 

Pusaka yang benar-benar bertuah dan sakti, dibuat melalui laku tirakat khusus. Baik berupa puasa ataupun olah batin lainnya melalui semedi. Oleh karena itu, di zaman dulu para Empu yang hendak menciptakan sebilah keris harus melalui berbagai proses dan tirakat. Keris yang telah melalui laku tirakat dan olah batin khusus, tentu saja tuahnya lebih kuat dibanding keris biasa yang hanya melewati tahap produksi. Tanpa melewati tahap tirakat.